Israel Serang Iran, Pelanggaran terhadap Hukum Internasional

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 27 Oktober 2024 | 17:20 WIB
Israel serang Iran (Foto/Pixabay)
Israel serang Iran (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Rezim Zionis Israel pada pagi hari Sabtu, 26 Oktober 2024, kembali melanggar kedaulatan dan integritas wilayah Republik Islam Iran dengan menyerang beberapa pusat militer Iran.

Kedutaan Iran menyatakan, tindakan ini merupakan pelanggaran jelas terhadap hukum internasional dan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya prinsip larangan ancaman atau penggunaan kekerasan terhadap integritas teritorial dan kedaulatan negara-negara.

"Hal ini sekali lagi menunjukkan sifat agresif dan pecinta perang dari rezim zionis Israel," ujar pernyataan Kedubes Iran.

Iran berdasarkan prinsip pembelaan diri yang tercantum dalam Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, menganggap tanggapan terhadap agresi militer rezim Israel sebagai hak yang melekat pada dirinya dan akan menggunakan semua sumber daya dan kapasitas material serta immaterinya untuk tujuan tersebut.

"Tindakan ini tidak hanya untuk membela keamanan dan kepentingan Republik Islam Iran, tetapi juga untuk mempertahankan perdamaian dan keamanan regional serta internasional terhadap tindakan ilegal rezim apartheid Israel," tambah pernyataan tersebut.

Iran mengingatkan tanggung jawab masing-masing negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, negara-negara anggota 'Konvensi Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Genosida', serta negara-negara anggota 'Konvensi Jenewa 
IV 1949' untuk mengambil tindakan segera dan kolektif terhadap kejahatan berat yang 
dilakukan oleh rezim Zionis. 

"Kami menegaskan kembali tanggung jawab para pendukung  dan penyedia keuangan serta persenjataan Tel Aviv, khususnya Amerika Serikat, dalam melanjutkan pendudukan, kejahatan yang beragam, terutama genosida terhadap rakyat Palestina, serta agresi terhadap Lebanon dan tindakan ilegal rezim ini yang membahayakan perdamaian dan keamanan regional serta internasional," ujar pernyataan Kedubes Iran.

Iran juga mengapresiasi posisi Pemerintah Indonesia yang secara tegas dan kuat mengecam tindakan agresi rezim Zionis yang menyerang wilayah Iran, dan mengajak semua negara yang mencintai perdamaian dan kebebasan untuk bersatu  dalam menghentikan kejahatan dan agresi rezim teroris Israel.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: