Dubes Rusia: Palestina Berhak Menentukan Nasibnya Sendiri Jadi Negara Merdeka

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 28 Oktober 2024 | 12:05 WIB
Dubes Rusia untuk Indonesia (Beritanasional/Meta)
Dubes Rusia untuk Indonesia (Beritanasional/Meta)

BeritaNasional.com - Dubes Rusia untuk Indonesia Sergei Tolchenov mengatakan, saat ini dunia sedang menyoroti konflik Israel-Palestina yang tak ada hentinya. Menurutnya terdapat cara menghentikan konflik Israel-Palestina.


"Salah satu caranya yakni memberikan kebebasan kepada Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri. Sebab setiap negara berhak menentikan nasibnya sendiri jadi negara yang bebas dan merdeka dari penjajahan," kata Tolchenov.

"Palestina harus diberikan kebebasan menentukan nasibnya sendiri menjadi negara merdeka. Palestina harus diakui sebagai negara merdeka oleh PBB dan negara-negara lain di dunia," terang Tolchenov.

Terkait dengan Israel yang menyerang Iran baru-baru ini, Tolchenov mengatakan, Rusia saat ini memikirkan situasi di Timur Tengah yang kian memanas.

"Israel menyerang Iran. Namun sejatinya kami juga tidak ingin terjadi perang skala besar di Timur Tengah seperti Gaza, Iran, Lebanon. Kami hanya ingin perdamaian di Timur Tengah," ujarnya.

Tolchenov mengatakan, Rusia ingin semua negara di Timur Tengah menahan diri dari saling serang. Ini untuk mencegah terjadinya perang skala besar.

"Sebaiknya kita mencari cara yang lebih damai untuk mengatasi konflik di Timur Tengah. Rusia juga siap ikut mencari jalan damai di Timur Tengah, jangan ada darah tertumpah lagi di Timur Tengah," tambahnya.








sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: