KKP Terus Sosialisasikan Penangkapan Ikan Terukur

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 28 Oktober 2024 | 23:00 WIB
KKP sosialisasikan Penangkapan Ikan Terukur (Foto/Pixabay)
KKP sosialisasikan Penangkapan Ikan Terukur (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) gencar melakukan sosialisasi program Penangkapan Ikan Terukur (PIT) ke berbagai pemangku kepentingan. Ini dilakukan supaya kebijakan dapat berjalan optimal.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Lotharia Latif mengatakan, implementasi PIT juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing nelayan sehingga produknya mampu menembus pasar perikanan dunia yang semakin ketat persyaratan kualitas dan legalitasnya.

“Tahun ini kita telah melaksanakan modeling Penangkapan Ikan Terukur serta menyinergikan bisnis hulu-hilir. Kami juga mengembangkan kampung nelayan modern dan kampung nelayan maju, serta terus mengembangkan sistem layanan operasional penangkapan ikan terintegrasi melalui aplikasi e-PIT,” ujar Latif.

Pihaknya, ujar Latif, terus mengembangkan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan antara lain melalui pembiayaan APBN dan dana alokasi khusus (DAK), penerapan musim penangkapan ikan, peningkatan layanan perizinan berusaha. Selain itu juga penguatan pendataan produksi perikanan yang didukung tenaga enumerator secara masif, serta berbagai aspek perbaikan tata kelola perikanan lainnya.

“Evaluasi terus kami lakukan dan sempurnakan apabila ada yang kurang sesuai. Kami juga terus menampung masukan dari para nelayan dan pelaku usaha. Pro dan kontra itu biasa, tapi ini menjadi komitmen kami untuk mengelola dan mengatur penangkapan ikan yang sesuai ketentuan,” ujarnya dikutip dari Antara.

KKP semakin intensif menyosialisasikan PIT tidak hanya di sentra-sentra nelayan dan para pelaku usaha perikanan, sosialisasi juga dilakukan di kalangan akademisi hingga masyarakat pada umumnya.

Teranyar, KKP bersama Ombudsman Republik Indonesia, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau dan Yayasan Membangun Negeri menggelar sosialisasi yang dikemas dalam seminar nasional bertema Mengukur Implementasi Program Penangkapan Ikan Terukur beberapa hari lalu.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: