Kominfo Takedown 1.971 Hoaks Pemilu

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 19 Maret 2024 | 14:14 WIB
Ilustrasi hoaks. (Foto/freepik)
Ilustrasi hoaks. (Foto/freepik)

Indonesiaglobe.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), telah me-takedown 1.971 hoaks terkait Pemilu di seluruh platform digital sejak 17 Juli 2023 hingga 18 Maret 2024. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kominfo, Budi Arie, usai rapat koordinasi bersama dengan Kemenkopolhukam dan BSSN.

"Itu kan tahapan Pemilu sudah mulai kan 17 Juli. Itu ada 274 isu hoaks. Sementara jumlah sebaran hoaks itu mencapai 3.235  di mana 1.971 hoaks kita takedown," kata Budi kepada wartawan di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Budi menjelaskan, sisa hoaks yang tersisa di ruang virtual hanya diberi sampel hoaks. 

"Nah pertanyaannya, sisanya ke mana? Itu kita stempelin hoaks. Itu hoaks yang nggak perlu di-takedown, cukup distempel saja karena isunya, judulnya nggak masuk akal," ujar Budi.

Selain Kominfo, Budi juga mengungkapkan bahwa para platform digital juga melakukan takedown konten-konten yang tersebar di medianya. 

"Tiktok sendiri sudah melapor ke kami selama Pemilu ini dia sudah takedown 10,8 juta hoaks. Ini yang secara mandiri tanpa kita minta, kebijakan komunitas mereka di platform sudah melalukan scrolling dan takedown sendiri tanpa kita minta," ungkap Budi. 

"Google juga hampir dua juta lebih yang sudah di-takedown, secara mandiri ya bukan kita. Sama juga termasuk Meta, Instagram," tandasnya.sinpo

Komentar: