Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Polisi Siap Terjunkan 3.500 Personel ke KPU

Oleh: Mufit
Rabu, 20 Maret 2024 | 10:37 WIB
Komisi Pemilihan Umum. (Foto/Oke Atmaja)
Komisi Pemilihan Umum. (Foto/Oke Atmaja)

Indonesiaglobe.id -  Polda Metro Jaya menerjunkan sebanyak 3.500 personel untuk mengamankan pelaksanaan pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, mengatakan ribuan personel tersebut dikerahkan untuk mengantisipasi potensi gangguan massa yang melakukan aksi di depan KPU.

"Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di KPU RI dan DPR RI, kami melibatkan 1.910 Personel di KPU RI dan 1.145 personel di DPR/MPR," kata Susatyo kepada wartawan, Rabu (20/3/2024).

Susatyo menjelaskan ribuan personal tersebut akan disebar di sejumlah objek vital di kawasan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan DPR RI.

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada massa yang melakukan aksi di KPU, Bawaslu dan DPR untuk menjaga ketertiban umum dan tidak melakukan tindakan anarkis.

"Kami menghimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara dengan tertib," ucapnya.

Susatyo juga meminta kepada personel kepolisian yang bertugas di lapangan untuk bertindak humanis dan tidak terprovokasi.

"Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," tandasnya.sinpo

Komentar: