Menlu AS Berkunjung ke Arab Saudi, Upayakan Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 21 Maret 2024 | 11:14 WIB
Kondisi Gaza luluh lantak (Foto/Inst Gazanow)
Kondisi Gaza luluh lantak (Foto/Inst Gazanow)

Indonesiaglobe.id - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Rabu (20/3/2024) tiba di Arab Saudi. Selain ke Arab Saudi, Blinken juga mau berkunjung ke Mesir dan Israel.

Blinken siap berdiskusi tentang perkembangan terkini di Gaza dengan para pemimpin Saudi dan situasi di Laut Merah dan Teluk Aden," kata Kedubes AS di Riyadh di platform X.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Blinken akan menyambangi Mesir setelah Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Mesir.

Menlu AS itu akan tiba di Israel pada Jumat (22/3/2024) sebagai bagian dari kunjungannya.

Blinken akan membahas upaya untuk segera mencapai kesepakatan gencatan senjata yang menjamin semua pembebasan semua sandera yang tersisa.

"Ini upaya mengintensifkan upaya internasional untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza, dan koordinasi mengenai perencanaan pasca-konflik di Gaza," katanya.


Dikutip dari Antara, Deplu AS mengatakan, pembicaraan Blinken akan mencakup "memastikan Hamas tidak dapat lagi memerintah atau mengulangi serangan 7 Oktober, jalur politik bagi rakyat Palestina dengan jaminan keamanan bagi Israel, dan sebuah arsitektur untuk perdamaian dan keamanan abadi di wilayah tersebut."

Blinken juga membahas pentingnya mengakhiri serangan Houthi terhadap kapal komersial dan memulihkan stabilitas dan keamanan di Laut Merah dan Teluk Aden.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas 7 Oktober oleh Hamas yang menewaskan hampir 1.200 warga Israel. Hampir 32 ribu warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan lebih dari 74 ribu terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel membobardir warga Gaza, Palestina tanpa ampun. Mereka melakukan kejahatan kemanusiaan yang sangat parah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: