Temui Korban Banjir Demak, Jokowi: Hujanya Ekstrem, Tanggulnya sampai Jebol

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 22 Maret 2024 | 14:45 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau korban banjir Demak. (foto/YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meninjau korban banjir Demak. (foto/YouTube Sekretariat Presiden)

Indonesiaglobe.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau korban banjir di SMK Ganesa, Demak, Jawa Tengah, Jumat (22/3/2024). Dia pun mengungkapkan salah satu penyebab banjir di wilayah tersebut.

Menurut Jokowi, salah satu penyebab banjir di Demak karena tingginya intensitas hujan di wilayah itu. Hal ini mempengaruhi tanggul yang ada menjadi jebol karena tidak mampu menampung muatan air.

“Memang hujan sangat esktrem, karena hujan ekstrem 150 millimeter. Di sini sudah 238 milimeter sangat esktrm sekali. Sehingga tanggul yang ada tidak muat dan meggerus dan jebol tanggulnya,” kata Jokowi sebagaimana dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (22/3/2024).

Diakui Jokowi, pasca tanggul jebol dan membuat banjir di Demak, penanganan pun langsung dilakukan. Di mana, salah satu tanggul pun sudah dilakukan perbaikan sejak tadi malam.

“Tapi tadi malam yang jebol 16 meter tadi malam jam 1 sudah tertutup selesai dikerjakan selama 4 hari berturut-turut siang malam,” jelas Jokowi.

Lebih lanjut, Kepala Negara berkata pemerintah sudah membantu melakukan modifikasi cuaca agar hujan awan bergeser ke arah lalu. Dengan demikian, bisa mengurangi intensitas hujan di Kabupaten Demak.

“Kita harapkan kedua, awan di atas sudah dilakukan TMC (teknologi modifikasi cuaca), sehingga bisa digeser ke arah laut ini juga akan sangat mengurangi hujan yang ada di kabupaten Demak sekitarnya,”  jelas Jokowi.

Selain itu Jokowi juga menyampaikan banjir yang terjadi pada kawasan itu sudah mulai surut, setidaknya menjadi hanya 50 centimeter dari sebelumnya yang mencapai 2 meter. 

“Ketiga berkaitan tadi yang tadinya (banjir) 2 meter sudah turun. Tadi dapat laporan hampir semuanya sudah setengah meter dan 50 cm, tapi apapun tetap mengganggu aktivitas warga dan akan melakukan pemompaan,” tutur Jokowisinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: