Hujan, Air Sempat Genangi Sejumlah Wilayah di Jakarta Barat

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 23 Maret 2024 | 09:02 WIB
Hujan terus (Foto: Freepik)
Hujan terus (Foto: Freepik)

Indonesiaglobe.id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengatakan hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta pada Jumat (22/3/2024) menyebabkan 12 RT masih tergenang air hingga hari ini, Sabtu (23/3/2024) pukul 03.00 WIB.

"Jakarta Barat terdapat 12 RT yang terdiri dari kelurahan Kamal, Semanan, dan Tegal Alur," tulis BPBD dalam keterangan tertulisnya.

BPBD menyebut penyebab genangan air sehinggi 35-40 cm yang tak kunjung surut karena cutah hujan tinggi. Lembaga pemerinrahan non-departemen itu juga masih membantu pengungsian di kelurahan Tegal Alur.

"Kelurahan Tegal Alur terdapat 147 KK sam 562 jiwa pengungsi di RPTRA Alur Kemuning, Rusun Lokbin, Musholla Al-Hidayah, SDN 11 PAGI RA 04, Musholla Al-Mukhlisin, SDN 02 Pagi, RPRTA Alur Anggrek, Masjid As-Saudiyah, Balai Warga RT 02/03," tulisnya.

BPBD DKI Jakarta juga memberikan bantuan seperti terpal, selimut, air mineral, family kit, mukena, sarung, matras, paket kebersihan keluarga, paket sandang, dan lain-lain. Sampai saat ini, lembaga teraebut masih berupaya menangani genangan.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan," katanya.

Selain itu, mereka juga memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Kemudian, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. 

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ujar BPDD.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: