Ingin Rangkul Rival Politik, Pengamat: Prabowo Negarawan Sejati

Oleh: Mufit
Minggu, 24 Maret 2024 | 21:03 WIB
Prabowo Subianto saat sedang melakukan sesi wawancara bersama media. (Foto/Instagram: Gerindra )
Prabowo Subianto saat sedang melakukan sesi wawancara bersama media. (Foto/Instagram: Gerindra )

Indonesiaglobe.id - Presiden terpilih, sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berkali-kali menyampaikan ingin merangkul rival politiknya di Pilpres 2024.

Menurut pengamat politik, Ujang Komarudin, apa yang dilakukan Prabowo tersebut menunjukkan sikap negarawan sejati. 

Sebab, tidak semua politisi bisa merangkul lawan politiknya.

"Seharusnya kan negarawan sejati itu merangkul lawan politiknya demi kemajuan bangsa, dan Pak Prabowo sudah menunjukkan jiwa negarawan," kata Ujang saat dihubungi Indonesiaglobe,id, Minggu (24/3/2024).

Selain itu, Ujang menyebut Prabowo berupaya untuk merangkul rivalnya karena menyadari untuk membangun bangsa Indonesia dibutuhkan kerja kolektif semua pihak.

"Pak Prabowo kan dalam pidatonya terus menyampaikan bahwa untuk membangun bangsa besar ini (Indonesia) harus rukun," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu.

"Semua elitnya harus bersatu itu lah kenapa Pak Prabowo ingin merangkul semua kekuatan," sambung Ujang.

Lebih jauh, menurut pandangan Ujang, langkah ini juga untuk menguatkan partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) di parlemen untuk mengawal lajunya pemerintahanya ke depan.

"Kenapa senang merangkul lawan politik? Karena untuk memperkuat kekuatan di parlemen. Kita lihat kedepannya seperti apa koalisi pemerintah Prabowo," tutup Ujang.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: