Demokrat soal Jatah Menteri: Kami Paham Posisi

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 26 Maret 2024 | 15:00 WIB
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Indonesiaglobe/Elvis)
Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024 (Indonesiaglobe/Elvis)

Indonesiaglobe.id - Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto terkait jatah menteri di pemerintahan mendatang. Demokrat paham posisinya. Ia yakin Prabowo juga punya komitmen yang kuat kepada Demokrat.

"Ya kami paham posisi kami, dan kami sangat paham bagaimana Pak Prabowo juga punya komitmen yang kuat, Pak Prabowo pasti juga punya formula, punya rumusan-rumusan," ujar Herman kepada wartawan, dikutip Selasa (26/3/2024).

Herman menuturkan, Demokrat mendukung penuh Prabowo dan seluruh kadernya diinstruksikan untuk memenangkan Ketua Umum Gerindra itu di Pilpres 2024. Apalagi Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sampai turun gunung.

"Apalagi 85-87 persen lebih pemilih Demokrat itu memilih Pak Prabowo, artinya jelas-jelas bahwa instruksi Ketua Umum, instruksi Ketua Majelis Tinggi," ujarnya.

Herman yakin, perjuangan Demokrat memenangkan Prabowo akan dipertimbangkan dalam merumuskan kursi menteri nanti.

"Tentu ini adalah jejak yang menjadi bagian penting dalam perumusan formula terkait dengan portofolio kementerian yang nanti akan menjadi bagian dari Partai Demokrat," katanya.

Demokrat sendiri punya preferensi kursi apa yang diinginkan. Namun, Herman tidak ingin mempengaruhi Prabowo yang memiliki hak prerogatif untuk menentukan menterinya.

"Ya kalau harapan pasti ada ya, harapan pasti ada. Tetapi kan sekali lagi, kami menghormati dan menghargai hak prerogatifnya presiden. Supaya tidak mengganggu pemikiran beliau dan beliau bisa dengan firm menentukan sikap dan keputusan," ujarnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: