Pastikan Mudik Aman, Terminal Kalideres Lakukan Ramp Check Bus

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 30 Maret 2024 | 14:35 WIB
Ilustrasi bus mudik Lebaran 2024. Foto: Freepik)
Ilustrasi bus mudik Lebaran 2024. Foto: Freepik)

Indonesiaglobe.id - Pengelola Terminal Bus Kalideres bersama Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Kedaung Angke menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap angkutan umum. 

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bus yang beroperasi dalam keadaan prima dan siap mengangkut penumpang arus mudik Lebaran 2024.

Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain mengatakan salah satu persiapan menyambut arus mudik adalah menggelar ramp check angkutan mudik serta tes urine dan kesehatan bagi para awak bus sejak beberapa pekan lalu.

“Ramp check untuk memastikan semua bus angkutan Lebaran dalam kondisi baik dan laik jalan,” kata Revi kepada wartawan, dikutip Sabtu (30/3/2024).

Ramp check ini, ungkap Revi, memeriksa rem, ban, kaca spion, lampu utama, lampu sein, dan mesin. 

Selain itu, pengecekan peralatan pendukung seperti ketersediaan alat pemukul kaca untuk keadaan darurat, kelengkapan kesehatan P3K, APAR, dongkrak, dan lain-lain.

“Kami juga akan menyiapkan posko pengamanan, posko kesehatan, dan posko ramp check, serta menyiagakan sekitar 150 personel gabungan untuk menghadapi musim Lebaran tahun ini,” ujar Revi.

Lebih lanjut, Revi mengungkapkan puncak arus mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi pada H-3 dan H-4 atau pada 6 dan 7 April 2024. 

Kemudian, berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, diprediksi 7.000-8.000 pemudik akan berangkat dari Terminal Kalideres.

Sementara itu, Terminal Kalideres memberangkatkan 5.655 penumpang arus mudik pada 2023.

“Kami juga juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan armada tambahan,” tandasnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: