Dirlantas Polda Metro Jaya Cek Kesiapan Jalur Mudik 2024

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Indonesiaglobe.id)
Ilustrasi mudik. (Foto/Indonesiaglobe.id)

Indonesiaglobe.id - Jelang mudik lebaran 2024, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, menggelar pengecekan kesiapan jalur mudik, Sabtu, 30 Maret 2024.

Adapun titik yang dicek oleh Dirlantas Polda Metro Jaya:

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek: Dirlantas Polda Metro Jaya mengecek kondisi jalan tol, termasuk memastikan tidak ada lubang atau kerusakan yang dapat membahayakan pemudik.

2. Rest Area: Dirlantas Polda Metro Jaya mengecek kesiapan rest area, seperti ketersediaan toilet, tempat ibadah, dan tempat makan.

3. Pos Pengamanan: Dirlantas Polda Metro Jaya mengecek kesiapan pos pengamanan yang akan didirikan di sepanjang jalur mudik.

Dirlantas Polda Metro Jaya berharap agar mudik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Sebelumnya pada mudik lebaran 2024, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi kendaraan yang keluar wilayah Jabotabek selama periode arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1445 H tembus 1,86 juta kendaraan.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, angka tersebut naik hampir 6 persen daripada tahun lalu.

“Sekitar 1,86 juta kendaraan naik hingga 54,13 persen terhadap normal dan naik 5,94 persen dari periode Lebaran 2023,” ujar Lisye.

Lisye mengatakan distribusi lalu lintas keluar wilayah Jabotabek pada periode tersebut akan didominasi ke arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) sebesar 58,4 persen, sedangkan ke arah Barat (Merak) sebesar 22,9 persen dan ke arah selatan (Puncak) sebesar 18,8 persen.

“Dengan lonjakan kendaraan menuju Tol Trans Jawa dan Bandung tersebut, lokasi yang menjadi fokus perhatian diantisipasi pengguna jalan, yaitu Km 66 jalan tol Jakarta-Cikampek,” tuturnya.

Menurut dia, Km 66 Tol Jakarta-Cikampek akan menjadi tempat pertemuan kendaraan menuju dan dari Bandung serta Cikampek menuju atau dari Jakarta.

“Hal ini dapat terlihat dari jumlah volume lalu lintas di titik ini yang diprediksi meningkat hingga 118 persen pada puncak arus mudik dan 117 persen pada puncak arus balik,” katanyasinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: