Sambangi Pelabuhan Merak, Menko Polhukam Jamin Keamanan Jalur Mudik Lebaran

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 02 April 2024 | 09:48 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat meninjau pelabuhan merak bersama Kapolri. (Foto/Div Humas Polri).
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto saat meninjau pelabuhan merak bersama Kapolri. (Foto/Div Humas Polri).

Indonesiaglobe.id - Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan arus mudik lebaran 1445 Hijriah/2024) untuk tujuan Jawa-Sumatera via Pelabuhan Merak-Bakauheni akan berlangsung aman.

Menurut Hadi, pihaknya sudah menyiapkan tim gabungan TNI dan Polri untuk mengamankan pelabuhan merak untuk menyukseskan arus mudik. Hal itu dikatakan Hadi usai meninjau Pelabuhan Merak, Banten Senin (1/4/2024).

“Di lapangan juga ada pasukan gabungan dari TNI, Polri, ormas, dan Pramuka untuk membantu jaga kelancaran mudik,” ujar Hadi di Merak, dikutip Selasa (2/4/2024).

Dalam kunjungannya itu, Hadi menyisir pos keamanan, pos layanan, dan pos terpadu yang telah disiapkan di sepanjang jalur mudik menuju Merak. Ia menilai semua sudah siap dan bisa diuji coba.

“Dari kesiapan yang telah dilaksanakan ini akan menjamin keamanan para pemudik. Hari ini sudah dikoordinasikan dan diuji coba, semua sudah dalam kondisi baik” tuturnya.

Selain itu, Hadi juga meneruskan pesan Presiden Joko Widodo yang mengimbau masyarakat agar mudik lebih awal sebagai antisipasi kepadatan kendaraan.

“Saya minta kepada masyarakat apabila ingin melaksanakan mudik dengan lancar, 1 hari sebelum berangkat agar membeli tiket dan mengisi di aplikasi untuk manifest” kata Hadi.

Diketahui, pada tahun 2024 ini, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menambah kapasitas Dermaga 2 Merak, tiga kali lipat lebih besar dari tahun lalu untuk persiapan penyeberangan kendaraan roda empat Merak-Bakauheni.

“Peningkatan kapasitas Dermaga 2 Merak yang semula 3.000 GT menjadi 10.000 GT,” ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (29/3/2024).

Menurut Shelvy, pihaknya telah meningkatkan fasilitas untuk menunjang kebutuhan para pemudik tahun ini yang diprediksi bakal melonjak.

“Khusus pada angkutan lebaran tahun ini, ASDP meningkatkan prasarana, sarana, dan juga fasiltas pendukung layanan khususnya di Merak-Bakauheni,” tuturnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: