Partai Demokrat Dorong Emil Dardak dan Dede Yusuf Maju di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 02 April 2024 | 10:35 WIB
Logo Partai Demokrat. (Foto/Wikipedia).
Logo Partai Demokrat. (Foto/Wikipedia).

Indonesiaglobe.id - Partai Demokrat menimbang dua nama untuk diusung sebagai Calon Gubernur Jakarta di Pilkada 2024. Dua nama itu adalah mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

Khusus Emil Dardak, sesungguhnya Demokrat sudah memberikan tiket kepada Emil untuk maju kembali bersama Khofifah Indar Parawansa untuk periode keduanya di Jawa Timur. Namun, tidak tertutup untuk diboyong ke Jakarta sebagai kader yang punya potensi.

"Sesungguhya (Emil) sudah mendapatkan rekomendasi dari majelis tinggi Partai Demokrat untuk tetap berpasangan dengan Bu Khofifah tapi jalan menentukan lain tentu Mas Emil kader potensial yang bisa kita dorong di DKI Jakarta," ujar Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron dalam Podcast Indonesia Globe TV, dikutip Selasa (2/4/2024).

Dede Yusuf juga dipertimbangkan didorong maju di Pilgub DKI Jakarta. Apalagi punya pengalaman sebagai wakil gubernur Jawa Barat periode 2008-2013.

"Kang Dede Yusuf yang juga sebagai warga Jakarta dia cukup mampu, pernah menjadi wakil gubernur Jawa Barat," ujarnya.

Meski Demokrat tidak menutup juga mencari figur eksternal yang akan diusung dengan gabungan koalisi partai-partai lain di Jakarta.

Partai Demokrat saat ini sudah bersiap menghadapi Pilkada 2024. Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono telah membentuk Satgas Pilkada dan memetakan wilayah.

"Kami sekarang sudah membentuk Satgas Pilkada atas arahan ketua umum Mas AHY. Kami sudah melakukan rapat-rapat dan menyiapkan diri melakukan pemetaaan wilayah mana yang kami bisa maju sebagai kandidat, yang mendorong dari kader internal mana, yang memang kami harus kolaborasi dengan kandidat lain dan mana yang mempertahankan yang saat ini ada," ujar Herman.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: