Golkar Prioritaskan Partai Pendukung Prabowo-Gibran untuk Berkoalisi di Pilkada 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 06 April 2024 | 21:30 WIB
Ketum Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan terkait pengarahan calon kepala daerah. (Ahda Bayhaqi).
Ketum Golkar Airlangga Hartarto memberikan keterangan terkait pengarahan calon kepala daerah. (Ahda Bayhaqi).

BeritaNasional.com - Partai Golkar memprioritaskan kerja sama koalisi Pilkada 2024 dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) atau koalisi partai pendukung Prabowo-Gibran. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto saat pengarahan calon kepala daerah Partai Golkar.

"Partai Golkar menyatakan koalisi di daerah masing-masing, prioritas pertama tentu Koalisi Indonesia Maju," ujar Airlangga di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Namun, Golkar tetap membuka peluang kerja sama dengan partai-partai di luar KIM.

"Namun, juga ada kerja sama partai tergantung dari capaian partai pada pemilu kemarin untuk berkoalisi dengan partai," katanya.

Pada pengarahan kali ini, hadir 1.164 calon kepala daerah dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota. 

Beberapa nama mentereng yang hadir adalah Wali Kota Medan Bobby Nasution, mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, sampai istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya.

"Di pertemuan tadi, kami meminta persiapan soal schedule dan tahapan-tahapan yang akan dilakukan Golkar, termasuk nanti menuju pilkada di November. Di pertemuan juga nanti Golkar menjelaskan lembaga survei yang bisa dipakai di berbagai daerah," ujar Airlangga.

Golkar akan mengevaluasi nama-nama ini untuk memfinalisasi dukungan pada Pilkada 2024. Lembaga survei digunakan untuk melihat kekuatan tokoh.

"Yang penting nanti, dari tahapan-tahapan itu, ada satu nama, ada satu daerah yang dua nama. Tentu nama itu akan dikerucutkan dalam tiga kali survei ke depan," jelas Airlangga.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: