Kabar Gembira, Seekor Anak Badak Jawa Terekam di Ujung Kulon

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 07 April 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi anak badak (Foto/Pixabay)
Ilustrasi anak badak (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Ada kabar gembira dari dunia konservasi satwa. Seekor anak badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) terekam kamera di kawasan Semenanjung Ujung Kulon, Kamis (4/4/2024). Kepala Taman Nasional Ujung Kulon Ardi Andono mengatakan, anak badak Jawa yang terekam kamera jebak itu merupakan individu baru.

“Kami mendapatkan video terbaru hasil dari kamera jebak yang kami pasang pada Februari 2024. Video ini terlihat anak badak Jawa bersama induknya sedang berjalan. Namun kami hanya mendapatkan satu rekaman saja,” katanya.

Dikutip dari VOA, hingga kini belum diketahui pasti jenis kelamin anak badak Jawa yang diperkirakan masih berusia 3–5 bulan itu. Jenis kelamin belum teridentifikasi karena posisi badan bagian belakang anak badak Jawa itu tidak berada tepat di depan kamera jebak. Kini, satu individu baru satwa endemik Pulau Jawa tersebut untuk sementara diberi identitas ID.093.2024.

“Kenapa ini bisa kami identifikasi individu baru? Bentuknya yang masih kecil, jadi kami menganggap ini baru tiga bulan. Kami menganggap ini adalah yang terkecil yang pernah kami tangkap di kamera jebak. Jadi kami bisa mengasumsikan ini individu baru,” ujar Ardi.

“Metode baru untuk pengamanan yaitu full protection system, di mana seluruh semenanjung Ujung Kulon tidak boleh orang masuk. Kami juga menggunakan metode baru untuk pemasangan kamera jebak, yaitu keseluruhannya dipasang kembali dengan tidak menggunakan data yang lama. Sehingga kami mengulang lagi dari nol, dengan seperti itu diharapkan kami bisa scanning seluruh wilayah Taman Nasional Ujung Kulon,” jelasnya.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekositem (KSDAE) Satyawan Pudyatmoko mengatakan, anak badak Jawa itu berasal dari indukan yang telah diidentifikasi dengan memiliki cula batok yang terlihat cukup jelas. Namun bagian kepala induk badak Jawa itu tidak terlihat jelas sehingga ciri-ciri yang ada pada wajah tak teridentifikasi.

“Meski begitu belum teridentifikasi dengan jelas nama dan identitas induk badak karena posisinya yang terlalu dekat dengan kamera jebak,” kata Satyawan melalui keterangan resmi tertulisnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: