Putuskan Idul fitri 2024 pada 10 April, Ini Pesan PP Muhammadiyah

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 07 April 2024 | 16:36 WIB
Ilustrasi Idul Fitri. (Foto/Freepik)
Ilustrasi Idul Fitri. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, meminta masyarakat lebih terbuka dalam merespons persamaan dan perbedaan menentukan tanggal hari raya Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah.

Hal itu dia ucapkan usai resmi mengumumkan hari raya Idul Fitri 2024 yang jatuh pada Rabu, 10 April 2024. 

“Boleh jadi nanti ada perbedaan awal, dan dimungkinkan ada kesamaan untuk Idul Fitri dan Idul Adha,” ujar Haedar dalam kanal YouTube Muhammadiyah Channel dikutip Minggu, (7/4/2024).

“Baik kesamaan maupun perbedaan itu harus sudah menjadikan kaum muslim untuk terbiasa toleran,” imbuhnya lebih lanjut.

Menurutnya, perbedaan dan kesamaan dalam menentukan hari raya Idul Fitri selalu menjadi perbincangan setiap tahun, bahkan di kalangan kelompok-kelompok kecil.

Akan tetapi, dia menilai perbedaan tersebut merupakan hutang peradaban umat Islam untuk terus mengembangkan pengetahuan, salah satunya terkait menentukan tanggal dan kalender Hijriah.

“Karena umat Islam ini kan dengan perintah Iqro saja harus menjadi umat dan bangsa yang berpikir, menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi canggih mungkin dan rasionalitas,” tuturnya.

Dirinya menegaskan PP Muhammadiyah tidak mendahului pemerintah dan organisasi Islam lainnya dalam mengumumkan hari atau tanggal Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Penegasan ini perlu kami sampaikan agar tidak lagi menjadi diskusi apalagi polemik Muhammadiyah mendahului. Karena tidak ada yang kami dahului dan tidak ada yang kami tinggalkan,” kata dia. sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: