Ini Penyebab Kemacetan di Pelabuhan Merak

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 08 April 2024 | 15:03 WIB
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)
Ilustrasi mudik. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengungkapkan alasan kemacetan sampai 10 kilometer yang terjadi di Pelabuhan Merak pada arus mudik Lebaran 2024. 

Budi berujar, kemacetan terjadi karena adanya ketidaktaatan dari para pemudik. Sebab, para warga datang ke Pelabuhan Merak tanpa membeli tiket terlebih dahulu.

"Terdapat jumlah yang melebihi dan mohon maaf ketidaktaatan masyarakat pengguna. Kalau di kereta api kan mereka beli tiket, dia datang dua jam sebelumnya. Kalau ini ada yang belum (beli) tiket bahkan jalannya besok pagi, dia datang," kata Budi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Oleh karena itu, lanjut Budi, pihaknya langsung meninjau Pelabuhan Merak bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan jajaran TNI/ Polri.

"Kita lakukan mitigasi bahwa kapal itu kalau di Bakaheuni, tidak boleh muat sehingga dia bisa balik, dan relatif cepat. Dan di sini nggak bongkar. Jadi cepat untuk menarik," jelas Budi.

"Jadi issue-nya di Merak, satu diharuskan memiliki kapal yang lebih besar dan lebih cepat. Kedua memang harus ada tambahan dermaga. Kami sudah bahas dan lapor Pak Presiden," tandasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: