Melawat ke Beijing, Menlu Rusia Bahas Ukraina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 09 April 2024 | 22:00 WIB
Suasana Kota Terlarang di China (Foto/Pixabay)
Suasana Kota Terlarang di China (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov tiba di Beijing, China pada Senin (8/4/2024). Dalam pertemuan itu, ia menekankan hubungan diplomatik dengan China dan membahas perang di Ukraina serta situasi di kawasan Asia Pasifik.

Dikutip dari VOA, pertemuan antara Lavrov dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, berlangsung ketika kedua negara menemukan kecocokan atas beberapa isu. Hubungan antara Rusia dan China juga makin menguat. 

Lawatan Lavrov akan berlangsung sampai Selasa (9/4/2024) dan berlangsung pada akhir lawatan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen ke China.

Yellen mengatakan dalam kunjungan kali ini dia melakukan “pembicaraan sulit” tentang keamanan nasional, termasuk keprihatinan AS akan perusahaan China yang membantu Rusia dalam invasinya ke Ukraina.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, “China terus menyediakan material untuk mendukung basis industri pertahanan Rusia.”

Meskipun mempertahankan hubungan ekonomi yang kuat dengan Rusia, China menegaskan bahwa pihaknya belum memberikan bantuan senjata atau militer kepada Rusia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan, “China memiliki posisi yang obyektif dan adil dalam masalah Ukraina.”

Dia menambahkan bahwa China bukanlah pencipta atau pihak yang terlibat dalam krisis Ukraina. "Kami belum dan tidak akan melakukan apa pun untuk mengambil keuntungan dari hal ini.” sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: