PM Singapura Lee Hsien Loong Mengundurkan Diri

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 16 April 2024 | 16:12 WIB
PM Singapura mengundurkan diri (Foto/DW)
PM Singapura mengundurkan diri (Foto/DW)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada Senin (15/4/2024) mengumumkan bahwa ia akan mundur dari jabatannya pada 15 Mei mendatang setelah dua dekade menjabat.

Lee, 72 tahun, secara resmi akan menyarankan Presiden untuk menunjuk Lawrence Wong, yang saat ini menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri keuangan, untuk menggantikannya, demikian bunyi sebuah pernyataan singkat dari kantor Lee.

Wong, yang mendapat dukungan penuh dari anggota Partai Aksi Rakyat (PAP) yang sudah lama berkuasa, akan dilantik di istana nasional pada hari yang sama, tambah pernyataan tersebut.

Dikutip dari DW, Lee merupakan putra tertua dari Lee Kuan Yew, perdana menteri pertama Singapura yang dianggap sebagai pendiri Singapura modern. Lee telah menjabat sebagai perdana menteri Singapura dan ketua PAP sejak Agustus 2024.

Lee pada awalnya berencana untuk mundur sebelum berusia 70 tahun. Namun ternyata rencana tersebut gagal karena pandemi Covid-19.

"Bagi negara mana pun, transisi kepemimpinan adalah momen yang sangat penting. Lawrence dan tim 4G (generasi keempat) telah bekerja keras untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, terutama selama pandemi,” kata Lee dalam sebuah unggahan Facebook-nya.

"Saya meminta seluruh warga Singapura untuk memberikan dukungan penuh kepada Lawrence dan timnya, dan bekerja sama dengan mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Singapura,” tambahnya.

Lee juga mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk menunda transisi kepemimpinan.
 sinpo

Komentar: