Info Terkini Gunung Ruang di Sitaro yang Meletus, Abu Vulkanik Membubung Tinggi, Status Waspada

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 16 April 2024 | 16:40 WIB
Gunung Ruang meletus dan menyemburkan material abu vulkanik. (Foto: Dok PVMBG)
Gunung Ruang meletus dan menyemburkan material abu vulkanik. (Foto: Dok PVMBG)

BeritaNasional.com - Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) dikabarkan meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 500 meter pada Selasa (16/4).

"Iya kalau dilihat dari video memang demikian (mengeluarkan debu). Tapi nanti hubungi petugas setempat. Video tersebut diambil pukul 13.00 WITA," kata Ketua Pos PGA Karangetang Yudia P. Tatipang di Manado yang dikutip dari Antara.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara dari level I (normal) menjadi level II (waspada).

"Terjadi peningkatan aktivitas vulkanik sehingga tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan terhitung mulai 16 April 2024 pukul 10.00 WITA," ungkapnya di Manado, Selasa.

Ada beberapa rekomendasi yang harus dipatuhi masyarakat di tingkat aktivitas waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan diminta tetap waspada dan tidak mendekati kawah aktif pada radius dua kilometer. 

Pengunjung tidak boleh menginap dalam kawasan kawah aktif serta tidak mendekati lubang tembusan gas yang berada di sekitar kawah untuk menghindari potensi bahaya gas beracun.

Dia berharap masyarakat di sekitar Gunung Ruang tetap tenang serta beraktivitas seperti biasa, serta tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas Gunung Ruang melalui aplikasi MAGMA Indonesia.

"Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan," ujar Hendra.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: