Pemprov DKI Jakarta Siap Data Pendatang Selama 1 Bulan

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 17 April 2024 | 18:00 WIB
Pendatang di Jakarta (Beritanasional/Lydia)
Pendatang di Jakarta (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta mulai melakukan pendataan bagi warga yang datang ke Jakarta pada Selasa (16/4/2024).

Kepala Disdukcapil Budi Awaludin mengatakan, pendataan akan dilakukan selama satu bulan penuh atau sampai 16 Mei 2024.

"Dinas Dukcapil itu kan dasar pelayanannya, pendataannya berdasarkan laporan. Nah kita akan melakukan pendataan ini satu bulan untuk proses mereka yang datang ke sini apakah membawa keluarganya dan langsung melakukan proses pindah atau datang," kata Budi kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Oleh karena itu, Budi mengimbau para pendatang untuk segera melapor ke RT setempat untuk pendataan administrasi.

"Nah biasanya dalam satu bulan saat ini banyak itu perpindahan yang datang ke DKI Jakarta karena mungkin dari mereka yang mudik bawa sanak saudaranya," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi pun memprediksi jumlah pendatang ke Jakarta akan lebih sedikit dibanding tahun lalu. Ia memperkirakan jumlah pendatang pada 2024 mencapai 10.000-15.000 orang.

"Nah prediksi kita memang pada tahun ini itu berkurang karena melihat data dari tahun kemarin 2023 juga berkurang, pendatang tahun 2023 juga jumlahnya berkurang," ucap Budi.

"Tren juga dari Januari, Februari, dan Maret yang datang ke DKI Jakarta itu juga berkurang. Nah jadi kami memprediksi bahwa pada tahun ini untuk yang arus balik mudik ini, yaitu sekitar 10.000 sampai 15.000," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: