Survei: 77, 2 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Oleh: Panji Septo R
Minggu, 21 April 2024 | 20:28 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram/Jokowi
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram/Jokowi

BeritaNasional.com - Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo, yakni sebanyak 77,2 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, angka tersebut sebelumnya berada di atas 80 persen jika melalui survei tatap muka.

"Tetapi kalau kita lihat approval rating presiden by phone, data tren itu di survei terakhir kami, awal April itu sekitar 77,2 persen," ujar Burhanuddin secara virtual, Minggu (21/4/2024).

Akan tetapi, ia mengatakan pihaknya tidak pernah menemukan approval rating presiden mencapai 80 persen jika melakukan survei via telepon.

“Survei telepon kita paling tinggi 78 persen itu pas sehari sebelum pemilu, itu paling tinggi," tuturnya.

Ia mengatakan temuan itu berbeda tipis dengan hasil yang diumumkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu.

"Sebelum Pilpres dari 78 persen ke 76 persen pada pertengahan Februari. Pada awal April itu ada sedikit peningkatan. Akan tetapi kita cenderung mengatakan stagnan," kata dia.

Meski demikian, ia mengatakan 77,2 persen tak bisa dianggap kecil di tengah banyak isu, termasuk konflik dnegan PDIP.

"Tetapi lagi-lagi 77,2 persen ini bukan angka yang kecil di tengah banyak isu, mulai dari isu ekonomi, termasuk politik, karena berpisah jalannya antara PDIP dengan Jokowi,” ujar Burhanudin.

Dalam survei ini, Indikator menggunakan 1.201 responden dan metode Random Digit Dialing (RDD) dengan target warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Selain itu, margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: