Sikap Politik PDIP di Pemerintahan ke Depan Bakal Diputuskan dalam Rakernas

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 23 April 2024 | 07:45 WIB
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. (Foto/Instagram/ahmadbasarahofficial).
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. (Foto/Instagram/ahmadbasarahofficial).

BeritaNasional.com - Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan pihaknya akan menentukan sikap dalam berkoalisi maupun bergabung menjadi koalisi pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Basarah mengatakan penentuan sikap itu akan akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang. 

Meski demikian, ia menegaskan bahwa keputusan tersebut menjadi hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menentukan berada di dalam atau luar pemerintahan.

"Di sanalah (Rakernas) PDIP akan menentukan sikap politiknya, akan berada atau di luar pemerintah," ujar Basarah di kantor DPP PDIP dikutip Selasa (23/4/2024).

Basarah mengatakan PDIP sudah telah terbiasa melalui dinamika tersebut. Menurut dia, kader PDIP dididik sebagai kader yang bisa hidup dalam segala cuaca dan dinamika politik.

"Jadi apapun keputusan Ibu Megawati kelak, maka seluruh kader akan siap berada maupun di luar pemerintahan," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, MK menolak seluruh gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang dilayangkan Anies-Muhaimin dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Putusan itu dibacakan oleh Ketua MK Suhartoyo di Gedung MK, Jakarta Pusat. Dengan begitu Prabowo-Gibran tetap menjadi pemenang seperti yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: