Viral Seorang Disabilitas Dilarang Pesan Taksi Online di Terminal Kampung Rambutan

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 23 April 2024 | 14:34 WIB
Ilustrasi cekcok. (Foto/Freepik)
Ilustrasi cekcok. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Viral di media sosial seorang warga yang disabilitas cekcok dengan supir taksi pangkalan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Berdasarkan narasi di video, warga tersebut diduga ingin memesan taksi online. Adapun kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (20/4/2024) lalu. Salah satu yang mengunggah video tersebut adalah akun Instagram @info_jabodetabek.

"Kejadian sebelumnya yang luput dari kamera, ada mobil Daihatsu Sigra Hitam datang, pas itu orang disabilitasnya mau nyamperin, dirver baju putih itu langsung nyamperin taksi online, bilang mau diambil kuncinya atau jalan terus. Akhirnya taksi online itu jalan terus," tulis akun tersebut, dilihat Selasa (23/4/2024).

Menanggapi hal itu, pengelola Terminal Bus Kampung Rambutan bersama jajaran Polri melakukan pembinaan terhadap sejumlah sopir taksi offline yang terbiasa mangkal di sana pada Senin (22/4/2024) kemarin.

"Kami memanggil sopir taksi offline untuk meminta keterangan di pos polisi. Memang terjadi perselisihan antara sopir taksi offline dengan penumpang disabilitas," kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni dalam keterangan resminya.

Yulza berujar, pihaknya sudah meminta pada para sopir taksi offline untuk tidak lagi melakukan intimidasi atau melarang taksi online yang masuk ke Terminal Bus Kampung Rambutan. 

"Tercatat ada 15 sopir taksi offline yang beroperasi setiap harinya di terminal ini. Kami memastikan akan melakukan evaluasi terhadap pelayanan perpindahan mode transportasi yang ada di terminal ini, supaya lebih tertib lagi," ujar Dhoni.

Sementara, Kepala Pos Polisi Terminal Bus Kampung Rambutan Ipda Budiyono meminta agar pengemudi taksi offline maupun online lebih tertib dan saling memahami.

"Kalau sampai terjadi pelanggaran hukum, tentunya akan diproses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: