Jemaah Haji Wajib Suntik Vaksin Meningitis, Dokter Wanti-Wanti Hal Ini

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 23 April 2024 | 20:00 WIB
Ilustrasi suntik vaksin meningitis. (Foto/Freepik)
Ilustrasi suntik vaksin meningitis. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Musim haji 2024 bagi umat Islam sebentar lagi tiba. Para jemaah diwajibkan melakukan suntik vaksin meningitis sebelum berangkat haji ke Tanah Suci.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dirga Sakti Rambe mengimbau calon jamaah haji tidak takut untuk divaksin.

Hal tersebut dikatakannya dalam diskusi mengenai vaksin meningitis secara daring di Jakarta sebagaimana dilansir dari Antara pada Selasa (23/4).

Dirga menekankan vaksin meningitis dibutuhkan semua calon jamaah haji meskipun Indonesia bukan termasuk negara endemik bakteri Neisseria meningitidis yang menyebabkan penyakit tersebut.

"Jemaah haji seluruh dunia berkumpul, dari Indonesia, Asia, Afrika, semua dalam waktu yang cukup panjangnya sebulan lebih. Di sana, kita akan berinteraksi dengan jemaah-jemaah, termasuk dari negara yang dikenal punya kasus meningitis banyak," katanya.

Vaksin tersebut, kata Dirga, berfungsi sebagai pelindung jemaah haji dari penyakit meningitis yang bisa ditularkan oleh jemaah asal negara-negara lain demi kenyamanan dan kelancaran beribadah di sana.

Dia mengatakan seluruh jemaah rentan tertular akan penyakit meningitis, terlebih kepada jemaah lansia atau jemaah dengan penyakit bawaan tertentu.

Dirga mengajak seluruh jemaah untuk melakukan vaksin meningitis sebagai sebuah upaya perlindungan diri, bukan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menggugurkan kewajiban jamaah haji sebelum berangkat saja.

"Jadi, kita vaksinasi itu bukan karena kewajiban, tetapi kita pahami ini sebagai untuk melindungi kesehatan kita. Tadi, ketika bicara meningitis, taruhannya adalah nyawa karena melibatkan otak," tegasnya.

Diketahui, pemerintah Indonesia memberikan vaksin meningitis secara cuma-cuma kepada calon jemaah haji. Vaksin meningitis akan diberikan kepada jemaah saat pemvisaan.

Vaksinasi meningitis merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: