3 Jalan Timnas Indonesia U-23 Menuju Olimpiade Paris 2024

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 26 April 2024 | 20:00 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Membenamkan Korea Selatan (Korsel) di Piala Asia U-23 membuat peluang Tim Nasional (Timnas) Indonesia menuju gerbang Olimpiade Paris 2024 semakin terbuka lebar.

Ada tiga jalan Timnas Indonesia U-23 untuk bisa berlaga di Olimpiade tahun ini.

1. Lolos ke Final Piala Asia U-23 

Timnas Indonesia perlu satu kemenangan lagi untuk mengamankan satu slot di pertandingan olahraga antarbangsa yang diadakan empat tahun sekali tersebut, yakni lolos ke laga final Piala Asia.

Untuk menuju partai final, anak asuh Shin Tae-yong (STY) harus menghadapi antara Uzbekistan atau Arab Saudi di semifinal yang akan digelar pada Senin (29/4) pukul 21.00 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan lolosnya Indonesia ke semifinal semakin membuka peluang berlaga di Olimpiade Paris 2024. Itulah impian Indonesia selanjutnya.    

‘’Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final. Yang pasti, kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepakbola nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi," ujar Erick yang dikutip dari laman PSSI pada Jumat (26/4).

2. Duduki Peringkat Ketiga Piala Asia U-23

Meski kalah dalam laga semifinal nanti (29/4), skuad Garuda Muda masih tetap berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan merebut tempat ketiga Piala Asia U-23.

Dengan berhasil merebut tempat ketiga Piala Asia U-23, Garuda Muda otomatis lolos ke Olimpiade 2024.

3. Jalur Play-off Antarkonfederasi Melawan Guinea

Jalan terakhir Timnas Indonesia U-23 untuk mendapat tiket berlaga di Olimpiade 2024 mengikuti jalur play-off  antarkonfederasi.

Jika hanya mampu menempati posisi keempat di Piala Asia U-23, Rizky Ridho dkk masih berpeluang lolos ke Olimpiade dengan syarat menghadapi Guinea yang sudah menunggu di babak play-off antarkonfederasi.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: