Mesir Kirim Delegasi ke Israel Bantu Capai Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 28 April 2024 | 15:33 WIB
Ilustrasi Israel terus menggempur Gaza (Foto/Inst Gaza Now)
Ilustrasi Israel terus menggempur Gaza (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Mesir pada Jumat (26/4/2024) sudah mengirim delegasi tingkat tinggi ke Israel dengan harapan dapat jadi perantara tercapainya perjanjian gencatan senjata dengan Hamas di Gaza.

Pada saat bersamaan, Mesir memperingatkan bahwa kemungkinan ofensif Israel yang berfokus pada Kota Rafah di Gaza, yang berbatasan dengan Mesir, dapat menimbulkan konsekuensi sangat buruk terhadap stabilitas regional.

Pejabat intelijen tertinggi Mesir Abbas Kamel memimpin delegasi itu dan berencana akan membahas dengan Israel mengenai “visi baru” untuk gencatan senjata berjangka panjang di Gaza, kata seorang pejabat Mesir. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim agar dapat bebas membahas misi tersebut.

Sementara perang berlarut-larut dan jumlah korban meningkat, tekanan internasional semakin besar terhadap Hamas dan Israel untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Pembicaraan pada hari Jumat berfokus pada pertukaran terbatas sandera yang ditawan Hamas dengan orang-orang Palestina yang ditahan, dan dipulangkannya sejumlah besar pengungsi Palestina ke kediaman mereka di Gaza Utara dengan pembatasan minimum. Hal ini diungkapkan pejabat Mesir tersebut.

Harapannya adalah perundingan kemudian dapat dilanjutkan, dengan target kesepakatan yang lebih luas untuk mengakhiri perang.

Dikutip dari VOA, Minggu (28/4/2024), pejabat Mesir itu mengatakan, para mediator membahas kompromi yang akan memenuhi sebagian besar tuntutan utama kedua pihak.

Hamas telah menyatakan tidak akan mundur dari tuntutannya untuk gencatan senjata permanen dan penarikan penuh pasukan Israel. Kedua tuntutan itu ditolak oleh Israel. 

Israel mengatakan, pihaknya akan melanjutkan operasi militernya hingga Hamas dikalahkan dan akan mempertahankan kehadiran pasukan keamanan di Gaza setelah itu.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: