Hari Buruh 2024, Polda Metro Siap Kerahkan Ribuan Personel Gabungan

Oleh: Mufit
Rabu, 01 Mei 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi may day. (Foto/freepik)
Ilustrasi may day. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com - Sebanyak 3.454 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang akan digelar sejumlah elemen buruh dalam memperingati May Day atau hari buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024.

Aksi unjuk rasa tersebut akan berlangsung di kawasan sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2024), yang diikuti ribuan buruh dari berbagai elemen.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, ribuan personel gabungan tersebut terdiri dari unsur TNI-Polri yang siap mengamankan sepanjang aksi unjuk rasa buruh.

"Ada 3.454 personel gabungan yang siap mengamankan kegiatan tersebut, termasuk Perayaan Hari Buruh di Stadion Madya," kata Ade Ary di Polda Metro Jaya, dikutip Rabu (1/5/2024).

Ade Ary meminta peserta unjuk rasa tak perlu khawatir. Aparat keamanan siap mengawal agenda tersebut. 

Dia pun mengimbau kepada peserta unjuk rasa untuk tetap mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Imbauan kami, sampaikan pendapat dengan saling menghormati dengan pengguna jalan lain. Lakukan aksi dengan aman dan tertib kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan," tuturnya.

Sebelumnya, Partai Buruh bersama Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan melakukan aksi May Day atau peringatan Hari Buruh Internasional pada tanggal 1 Mei 2024 dengan jumlah peserta aksi sebanyak 50 ribu orang yang berasal dari Jabodetabek.

Menurut Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI, Said Iqbal, aksi peringatan Hari Buruh Internasional ini akan dilakukan di Istana dari pukul 9.30 sampai dengan 12.30 WIB.

“Setelah itu, pukul 12.30 massa aksi 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Said Iqbal.

Disampaikan, aksi May Day ini juga akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan melibatkan total ratusan ribu buruh, antara lain di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang.

Kemudian, Padang, Bengkuku, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, Tolikara, dan lain sebagainya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: