Mulai Besok PDIP Buka Penjaringan Cagub-Cawagub Pilkada DKI, Ada Nama Ahok?

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 07 Mei 2024 | 18:12 WIB
Landmark Jakarta Monumen Nasional (Monas). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Landmark Jakarta Monumen Nasional (Monas). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta akan membuka penjaringan bakal calon gubernur (Bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) untuk Pilkada 2024 mendatang pada Rabu (8/5/2024) besok.

Ketua Pelaksana Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah DKI Jakarta Hendra Gunawan mengatakan, penjaringan bakal dibuka sampai 20 Mei 2024 mendatang.

Hendra berujar, Jakarta merupakan kota yang eksistensinya paling mengkhawatirkan sehingga pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap Pilkada 2024 ini.

Ia pun mencontohkan adanya masalah lingkungan di Jakarta. Padahal, nantinya Jakarta menjadi daerah aglomerasi bersama daerah penyangga lainnya setelah tidak lagi menjadi Ibukota.

"Untuk mencegah kekhawatiran tersebut diperlukan kepemimpinan yang kuat dari seorang kepala daerah yang memimpin pemerintahan di atas pilar-pilar Pancasila sebagai dasar dan ideo bangsa," ujar Hendra dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Nantinya setelah melakukan penjaringan, DPD PDIP akan melakukan penyaringan bersama DPP PDIP untuk menentukan siapa kandidat yang akan diusung. 

"Mengingat jadwal Pemilihan Kepala Daerah yang telah ditetapkan, maka PDI Perjuangan akan melakukan penjaringan yang nanti akan ditingkatkan dalam penyaringan secara berjenjang yang dilakukan oleh DPP bersama DPD PDIP," ujar Hendra.

Lebih lanjut, tambah Hendra, penjaringan ini bisa diikuti oleh siapa saja yang merasa berkapasitas, khususnya kader-kader PDIP. 

"Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta yang beralamat Sedayu City Big Box No. 10 A RT 001 RW.009, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung Jakarta Timur," ucap Hendra.

"Atau secara online dapat mengisi form pada link : https://bit.ly/FORM_PENDAFTARAN BALON_PILKADA2024 dan lampiran dapat di download pada link: https://bit.ly/FORM_DOWNLOAD PILKADA2024," tambahnya.

Sebelumnya Beredar wacana duet Anies Baswedan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta 2024. PDI Perjuangan angkat bicara wacana memasangkan dua seteru itu.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, nama-nama tersebut baru usulan dari bawah.

"Jadi kita kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah, kalau Gubernur diusulkan dari DPC dan DPD," ujar Hasto kepada wartawan dikutip Selasa (7/5/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: