PAN Dorong Yandri Susanto sebagai Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 09 Mei 2024 | 19:11 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto didorong untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. (Foto/MPR RI)
Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto didorong untuk menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. (Foto/MPR RI)

BeritaNasional.com - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto bakal diusulkan menjadi menteri dalam pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Saleh mengatakan, usulan tersebut datang saat PAN mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) dan rakornas Pilkada pada Kamis (9/5/2024).

"Rakornas dan bimtek kali ini menarik. Para peserta dari daerah ternyata tidak hanya membicarakan pilkada. Namun, ramai perbincangan terkait calon-calon menteri dari PAN. Salah seorang nama yang banyak disebut adalah Yandri Susanto. Yandri dinilai sebagai kader utama PAN yang bergerak dari bawah," kata Saleh dalam keterangan tertulisnya.

Saleh menuturkan dirinya mengenal Yandri sejak puluhan tahun lalu. Kala itu, mereka berdua beraktivitas di organisasi kepemudaan, yakni Saleh sebagai Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah dan Yandri sebagai Ketua Umum BM PAN.

"Saya tahu banyak karya Mas Yandri yang cukup berhasil, tidak hanya di PAN tetapi juga di luar partai. Dia pekerja keras, ulet, tangguh, pantang menyerah, bersahabat, ramah, dan memiliki jaringan yang cukup luas," ujar Saleh.

"Di PAN sendiri, Mas Yandri kerap diberi amanah melaksanakan tugas-tugas penting dan strategis. Kemarin pada saat pemilu, dia ditugaskan sebagai ketua Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN). Dia juga adalah komandan Charlie (penggalangan) di TKN Prabowo-Gibran. Selain itu, dia selalu terlibat aktif dalam setiap agenda partai. Tidak heran jika dia mengenal semua pengurus PAN di Indonesia," tambahnya.

Selain itu, tambah Saleh, Yandri mudah mengenal kader dan memiliki ingatan yang kuat. Tidak hanya namanya, asal daerah dan kampungnya pun diingat Yandri. 

"Di Parlemen juga begitu. Mas Yandri pernah menjadi pimpinan pansus, sekretaris fraksi, ketua Komisi 8, dan bahkan sekarang wakil ketua MPR RI. Kalau dari sisi pengalaman, sudah sangat baik dan matang," tegas Saleh.

Saleh pun yakin bahwa Yandri akan menorehkan prestasi di kabinet Prabowo-Gibran nanti. Sebab, dari sisi pengalaman, jejak dan karier politik, Yandri akan banyak membantu tugas-tugas Prabowo-Gibran.

"Ternyata, kader-kader dari daerah memiliki perhatian dan harapan besar. Mereka ingin agar Prabowo berhasil dengan dukungan salah seorang kader terbaiknya, yaitu Mas Yandri. Tentu semua nanti dikembalikan kepada Prabowo sebagai presiden terpilih," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: