Indonesia Kecam Pembakaran Kantor UNRWA oleh Pemukim Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 11 Mei 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi kebakaran (Foto/Pixabay)
Ilustrasi kebakaran (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Indonesia mengecam keras tindakan pembakaran Markas Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) oleh pemukim ekstremis Israel di wilayah pendudukan, Yerusalem.

“Kekerasan tersebut terjadi di depan mata polisi Israel di wilayah pendudukan. Pembiaran ini tidak dapat diterima dan membuktikan bahwa Israel bertanggung jawab atas terjadinya kekerasan tersebut,” kata Kementerian Luar Negeri RI.

Dikutip dari Antara, Jumat(10/5/2024), Kemenlu menegaskan, tindak kekerasan itu sama sekali tidak dapat diterima karena menyangkut markas badan PBB yang bergerak di bidang kemanusiaan.

Pembakaran Markas UNRWA itu juga menciptakan preseden sangat buruk terhadap keselamatan dan keamanan gedung, serta personil PBB dan misi kemanusiaan lainnya.

“Peristiwa tersebut menambah daftar panjang kekerasan, pendudukan ilegal, dan berbagai pelanggaran hukum internasional dan hukum humaniter internasional yang dilakukan oleh Israel,” kata Kemenlu.

Oleh karena itu, Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera bergerak meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan dan pelanggaran-pelanggaran hukum internasional yang terus dilakukannya.

“Saatnya DK PBB, terutama negara pemegang veto, menunjukkan kepemimpinan dan kebijaksanaannya demi keadilan, kemanusiaan, dan perdamaian,” kata Kemenlu.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: