Pemungutan Suara di PBB, Australia dan Selandia Baru Dukung Palestina

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 12 Mei 2024 | 05:00 WIB
Negara Palestina (Foto/Pixabay)
Negara Palestina (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Australia dan Selandia Baru bergabung dengan negara-negara lain dalam mendukung negara Palestina dalam pemungutan suara tingkat tinggi di PBB.

Berbicara kepada wartawan di Adelaide pada Sabtu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan, pemungutan suara tersebut bertujuan untuk memberikan hak tambahan yang sederhana untuk berpartisipasi dalam forum PBB. 

"Australia hanya akan mengakui Palestina bila menurut kami waktunya tepat. Sebagian besar wilayah kami dan banyak mitra kami juga memberikan suara setuju, termasuk sekutu kami Selandia Baru, mitra khusus dan strategis kami Jepang, mitra strategis komprehensif kami Indonesia, Singapura dan Republik Korea," kata Penny Wong.

"Resolusi yang kami dukung ini adalah tentang perdamaian dan keamanan jangka panjang bagi Israel dan Palestina. Dan saya sangat yakin bahwa satu-satunya jalan untuk menjamin perdamaian dan keamanan bagi Israel adalah dengan pembentukan dua negara," tambahnya.

Ia berpendapat bahwa Australia tidak lagi percaya bahwa pengakuan "hanya dapat terjadi pada akhir proses perdamaian. Namun dapat terjadi sebagai bagian dari proses perdamaian.

Ketika ditanya tentang langkah selanjutnya dalam proses PBB, Wong mengatakan,"Apa yang ingin kami lihat adalah negosiasi gencatan senjata, gencatan senjata kemanusiaan segera dan dimulainya proses perdamaian."

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters mengatakan, pemungutan suara di negaranya pertama-tama dan terutama mencerminkan rasa frustrasi yang dirasakan komunitas internasional terhadap siklus kekerasan tanpa akhir yang terus melanda wilayah tersebut.

"Kami secara konsisten mengatakan bahwa Israel dan negara Palestina di masa depan yang hidup berdampingan secara damai adalah satu-satunya solusi tahan lama dan adil," tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: