Peristiwa 12 Mei: Tragedi Trisakti 1998 hingga Gempa Bumi Sichuan

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 12 Mei 2024 | 09:01 WIB
Kejadian tragedi trisakti. (Foto/Wikipedia)
Kejadian tragedi trisakti. (Foto/Wikipedia)

BeritaNasional.com - Beragam peristiwa terjadi di tanggal 12 Mei. Beberapa momen yang terjadi di tanggal 12 mei tercatat dan menjadi sejarah yang mendunia. 

Berikut Beritanasional.com merangkum peristiwa yang terjadi di tanggal 12 Mei menurut wikipedia:

1938 - Peluncuran USS Enterprise (CV-6)

USS Enterprise (CV-6) adalah sebuah kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat pada era Perang Dunia Kedua. Ia merupakan kapal ketujuh yang menggunakan nama Enterprise. Sebagai salah satu anggota Kelas Yorktown, Enterprise diluncurkan pada tahun 1936 dan merupakan satu dari hanya tiga kapal induk Amerika yang ditugaskan sebelum Perang Dunia II dan selamat dari perang (yang lainnya adalah Saratoga dan Ranger)

Menjadi kapal kedua dari kelas Yorktown, Enterprise diluncurkan pada 3 Oktober 1936 di dok Newport News Shipbuilding, disponsori oleh Lulie Swanson, istri Sekretaris Angkatan Laut Claude A. Swanson, dan ditugaskan pada 12 Mei 1938 dengan Kapten Newton H. White, Jr. Enterprise berlayar ke selatan sebagai pelayaran perdana dengan tujuan Rio de Janeiro

1998 - Tragedi Trisakti

Tragedi Trisakti merupakan peristiwa berdarah yang menewaskan empat mahasiswa saat melakukan demonstrasi menuntut turunnya Soeharto dari jabatannya Presiden Republik Indonesia. Adapun empat mahasiswa tersebut yakni Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie dan terjadii pada 12 Mei 1998. 

Pada tahun 1998, ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia berdemonstrasi menyerukan pengunduran diri Presiden Soeharto.  Salah satunya aksi di Jakata di mana mahasiswa turun ke jalan mendatangi gedung DPR/MPR.

Sekitar pukul 17.00 WIIB, Mahasiswa bergerak mundur secara perlahan demikian pula aparat. Namun tiba-tiba seorang oknum yang bernama Mashud yang mengaku sebagai alumni (sebenarnya tidak tamat) berteriak dengan mengeluarkan kata-kata kasar dan kotor ke arah massa. Hal ini memancing massa untuk bergerak karena oknum tersebut dikira salah seorang anggota aparat yang menyamar.

Sejumlah mahasiswa berlindung di Kampus Trisakti, Slipi, Jakarta Barat. Sekira pada pukul 20.00 WIB, dilaporkan empat mahasiswa tewas dan satu lainnya dalam keadaan kritis. 

2008 – Gempa bumi Wenchuan (sekitar 8.0 SR) terjadi di Sichuan

Gempa bumi Sichuan 2008 adalah gempa bumi besar berkekuatan 8.0 skala Richter (lalu dilaporkan dengan kekuatan 7.9 Mw oleh USGS) dengan episenter di Kabupaten Wenchuan, Provinsi Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok yang terjadi pada 12 Mei 2008 pada pukul 14.28 waktu setempat (06.28 GMT).

Pusat gempa terletak 80 kilometer (50 mi) barat laut Chengdu, ibu kota provinsi, dengan kedalaman fokus 19 km (12 mi). Gempa tersebut memecahkan patahan sepanjang lebih dari 240 km (150 mil), dengan pergeseran permukaan beberapa hingga meter. Gempa tersebut juga terasa hingga Beijing dan Shanghai dengan masing-masing berjarak 1.500 dan 1.700 km (930 dan 1.060 mil) dari pusat gempa, di mana gedung perkantoran bergoyang karena gempa, Getaran juga terasa di Bangkok, Thailand dan Hanoi, Vietnam.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: