Musim Haji 2024 Dimulai, Kloter Pertama Jemaah Telah Terbang ke Tanah Suci

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 12 Mei 2024 | 08:40 WIB
Ilustrasi jemaah melaksanakan ibadah haji. (Foto/Kemenag)
Ilustrasi jemaah melaksanakan ibadah haji. (Foto/Kemenag)

BeritaNasional.com - Jemaah haji 2024 asal Indonesia mulai diberangkatkan pada Minggu (12/5). Sebanyak 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Jakarta-Pondok Gede berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). 

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas turut melepas keberangkatan mereka. Dia turut berpesan jemaah fokus untuk beribadah haji.

"Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," ucapnya saat melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama di Soetta pada Minggu (12/5) dini hari WIB.

Yaqut mengingatkan pentingnya menjaga fisik, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

"Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum," ucapnya.

Dia juga meminta para jemaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

"Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, sampaikan kepada petugas. Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak ibu sekalian," kata pria yang akrab disapa Gusmen ini.

Dia menilai pasti akan banyak tantangan yang akan dihadapi jemaah. Namun, para jemaah dengan dibantu petugas akan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar.

"Sekali lagi saya ingatkan jaga fisiknya, jaga kesehatannya, ini ibadah fisik, tantangannya tentu tidak mudah. Tapi saya yakin semua siap dan kuat menjalankan ibadah di tanah suci," tegasnya.

Berangkatnya jemaah haji kloter pertama ini juga menandai dimulainya operasional haji 1445 H/2024 M.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: