Menkes Belum Meneken Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 14 Mei 2024 | 15:52 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan (Foto/BPJS Kesehatan)
Ilustrasi BPJS Kesehatan (Foto/BPJS Kesehatan)

BeritaNasional.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin belum menandatangani terkait dengan wacana penghapusan program Kelas 1, 2, dan 3 di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dikutip dari Antara, Selasa (14/5/2024), Menkes Budi mengatakan, ia belum menerima lampiran draf wacana penghapusan Kelas di BPJS Kesehatan. Namun, begitu kalau ia mendapatkan draf tersebut akan langsung menandatanganinya.

"Masuk ke saya saja belum, sudah ditanyakan. Kalau sudah masuk, langsung akan ditandatangan," kata Menkes Budi Gunadi saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe.

Meski demikian Menkes Budi Gunadi menjelaskan, wacana tersebut sebenarnya bukan untuk menghapus program kelas BPJS Kesehatan, namun untuk lebih disederhanakan dan mengangkat kualitas standar layanan kesehatan.

"Jadi, itu bukan dihapus, standarnya disederhanakan dan kualitasnya diangkat. Jadi itu ada kelas tiga kan sekarang, semua naik ke kelas dua dan kelas satu. Jadi sekarang lebih sederhana dan layanan masyarakat lebih bagus," sebut Menkes Budi Gunadi.

Menkes Budi Gunadi juga menambahkan bahwa Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) terkait hal tersebut akan keluar setelah ditandatangani Presiden Jokowi.

"Nanti Permenkesnya sebentar lagi keluar, sesudah Pak Presiden tanda tangan," ujar Menkes
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: