KPK Berharap Pansel Capim Paham Tantangan Pemberantasan Korupsi

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 15 Mei 2024 | 12:25 WIB
Gedung KPK. (Beritanasional.com/Panji Septo)
Gedung KPK. (Beritanasional.com/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK dapat diisi orang-orang yang memahami tantangan pemberantasan korupsi ke depan. 

Selain paham cara memberantas korupsi, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya ingin pemimpin yang independen dan objektif. 

“Pansel capim KPK tentu harus memahami problem dan tantangan pemberantasan korupsi ke depan,” ujar Ali dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu (15/5/2024).

Ali mengatakan pemberantasan korupsi harus ditegakkan secara independen agar efektif memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. 

“Dengan tidak ada benturan kepentingan maupun risiko terjadi tindak pidana korupsi dalam proses penegakan hukumnya,” tuturnya.

Menurut dia, salah satu cara untuk menjaga dan mengawal independensi KPK adalah mengawal pemilihan calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK sejak awal.

Dia juga mengungkap harapan lembaga antirasuah mendapat pimpinan dan Dewan Pengawas yang optimal melaksanakan tugas pemberantasan korupsi.

"Sehingga kita bisa meningkatkan kembali kepercayaan dan dukungan publik dalam agenda pemberantasan korupsi nasional," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: