Perdana Menteri Slovakia Ditembak

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 16 Mei 2024 | 11:50 WIB
PM Slovakia ditembak (Foto: The National)
PM Slovakia ditembak (Foto: The National)

BeritaNasional.com - Perdana Menteri Slovakia Robert Fico pada Rabu (15/5/2024) ditembak dalam sebuah acara politik di Kota Handlova. Peristiwa ini mengguncang seluruh Eropa.

Para pemimpin dari berbagai belahan dunia mengecam upaya pembunuhan terhadap pemimpin populis yang pro-Rusia itu dan menyebutnya sebagai serangan terhadap demokrasi.

Presiden Zuzana Caputova, saingan politik Fico, dalam pidato yang disiarkan televisi nasional mengatakan, apa yang terjadi merupakan sesuatu yang belum dapat dipahami. Serangan fisik terhadap perdana menteri adalah serangan terhadap demokrasi. 

"Kekerasan apapun tidak dapat diterima. Kita telah menyaksikan bagaimana retorika penuh kebencian dalam masyarakat berujung pada tindakan-tindakan penuh kebencian. Mari hentikan!”, kata Caputova.


Presiden terpilih Slovakia Peter Pellegrini mengatakan, “Upaya pembunuhan salah seorang pejabat tertinggi berdasarkan konstitusi adalah suatu ancamam yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap demokrasi Slovakia. Jika kita menunjukkan perbedaan opini politik dengan senjata di jalan-jalan, dan bukan di TPS, kita membahayakan semua yang telah kita bangun bersama selama 31 tahun kedaulatan Slovakia.”

Lewat sosial media, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut upaya pembunuhan itu sebagai tindakan yang mengerikan dan mengutuk keras tindakan kekerasan terhadap kepala pemerintahan. "Setiap upaya harus dilakukan untuk memastikan agar kekerasan tidak menjadi norma dalam negara, bentuk atau bidang apapun.”

Dikutip dari VOA, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengaku terkejut dengan insiden penembakan terhadap Fico. Ia mendoakan agar Fico lekas pulih.
 

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: