Hyundai dan ITB Lanjutkan Kolaborasi Riset, Tingkatkan Kemampuan Perintah Suara

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 16 Mei 2024 | 18:15 WIB
Manajemen Hyundai Motor Manufacturing Indonesia terima kunjungan Institut Teknologi Bandung dalam rangka penelitian pengembangan fitur perintah suara canggih berbasis AI. (Foto/Hyundai)
Manajemen Hyundai Motor Manufacturing Indonesia terima kunjungan Institut Teknologi Bandung dalam rangka penelitian pengembangan fitur perintah suara canggih berbasis AI. (Foto/Hyundai)

BeritaNasional.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menerima kunjungan kerja dari Institut Teknologi Bandung (ITB) beserta tim peneliti mereka. 

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan fitur perintah suara berbasis Kecerdasan Buatan (AI) yang sedang dilakukan bersama oleh HMMI dan ITB.

“Kami sangat puas dengan kerjasama yang telah terjalin dengan ITB selama ini. Kami yakin bahwa kolaborasi berkelanjutan dengan institusi pendidikan dan penelitian Indonesia seperti ini akan membantu kami mengembangkan teknologi canggih Hyundai dengan optimal,” ujar Bong Kyu Lee, President Director PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, saat menyambut para peneliti ITB, Rabu (15/5/2024).

Penelitian bersama ITB ini adalah bagian dari kerjasama yang telah dimulai sejak 2023 dan direncanakan untuk terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan. 

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperlukan bagi pengembangan fitur perintah suara interaktif pada mobil-mobil Hyundai.

Sebagai bagian dari komitmen HMMI untuk tumbuh bersama Indonesia, perusahaan ini berusaha melakukan penelitian bersama dan berbagi teknologi dengan dunia akademik. 

Langkah ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar dalam meningkatkan ekosistem industri, terutama di bidang teknologi.

“ITB berkomitmen menjadi lembaga yang mencerminkan kearifan lokal Indonesia namun tetap berorientasi global. Oleh karena itu, proyek pengenalan suara ini dikembangkan dengan menggunakan teknologi terkini dan disesuaikan dengan masyarakat Indonesia sebagai pengguna. Kami berharap kerjasama dengan Hyundai dapat terus berlanjut,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB saat berkunjung ke HMMI.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak dan yang lebih penting, mewujudkan mobilitas terbaik untuk masa depan Indonesia,” tutup Bong Kyu Lee.

Kolaborasi antara Hyundai dan akademisi ini tidak hanya terbatas pada pengembangan dan penelitian. 

Dengan komitmen untuk tumbuh bersama Indonesia, HMMI juga secara berkelanjutan melaksanakan pelatihan bersama para pemasok lokal. 

Melalui program peningkatan kemampuan ini, para pemasok dibina untuk meningkatkan kapabilitas mereka dalam penelitian dan pengembangan komponen, hingga akhirnya mendapatkan sertifikasi dari Hyundai untuk mendesain komponen secara mandiri.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: