FIFA Akan Gelar Rapat Darurat Soal Sanksi Israel

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 18 Mei 2024 | 16:51 WIB
Ilustrasi sepakbola. (Foto/Freepik)
Ilustrasi sepakbola. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - FIFA akan mengadakan rapat darurat untuk membahas rencana mengeluarkan Israel dari sepak bola dunia, menyusul tuduhan kejahatan perang terhadap Palestina.

Rencana ini diumumkan langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Ia mengonfirmasi bahwa FIFA akan melakukan penilaian hukum terhadap proposal yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA).

Proposal tersebut dimasukkan kembali dalam kongres tahunan FIFA yang berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 15-17 Mei 2024. 

PFA mendapat dukungan penuh dari Federasi Sepak Bola Aljazair, Irak, Yordania, Suriah, dan Yaman.

Lalu keputusan terkait proposal ini diumumkan setelah rapat darurat dewan organisasi yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Proposal dari PFA sebenarnya sudah diajukan sejak bulan lalu dan berisi tuduhan bahwa Israel telah melakukan kejahatan perang luar biasa di Palestina.

Selain itu, PFA menyebut tindakan Israel telah melanggar kesepakatan mengikat dari Mahkamah Internasional (ICJ) terkait genosida di Gaza.

"Sepak bola tidak boleh dan tidak pernah boleh menjadi sandera politik," tegas Gianni Infantino, sebagaimana dikutip dari The Telegraph.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: