Pesawat Latih yang Terjatuh di BSD Milik Indonesia Flying Club

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 19 Mei 2024 | 16:26 WIB
Pesawat terjatuh di BSD Tangsel. (Foto/@bsdupdate).
Pesawat terjatuh di BSD Tangsel. (Foto/@bsdupdate).

BeritaNasional.com - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengungkapkan, pesawat latih yang jatuh di kawasan lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan, Banten berasal dari Indonesia Flying Club.

Dita berujar, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima informasi terkait jatuhnya pesawat latih tersebut pada sekitar pukul 14.30 WIB.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah menerima laporan terkait Pesawat Cessna 2006 dengan nomor registrasi PK-IFP milik Indonesia Flying Club (Perkumpulan Penerbang Indonesia) yang jatuh di daerah BSD Tangerang Selatan sekitar pukul pukul 14.30 WIB, Minggu, 19 Mei 2024," kata Adita dalam keterangan resminya, Minggu (19/5/2024).

Adita mengatakan, terdapat tiga orang di dalam pesawat latih tersebut. Kini, ketiganya masih dievakuasi.

"Pesawat PK-IFP dengan tiga orang onboard, satu penerbang, satu engineer, dan 1 penumpang. Saat ini masih dalam proses evakuasi di lokasi," ujar Adita.

Lebih lanjut, Adita pun tak bisa memberikan keterangan lebih lanjut terkait insiden ini. Sebab, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ditjen Perhubungan Udara, dan kepolisian terkait hal ini.

"Adapun penjelasan detail mengenai hal ini akan disampaikan lebih lanjut berkoordinasi dengan Tim KNKT dan Inspektor Penerbangan dari Ditjen Perhubungan Udara serta Kepolisian setempat," tandasnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat latih terjadi di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Minggu (19/5/2024). Kondisi pesawat latih tersebut nampah hancur lebur.

Sebagaimana dalam video yang beredar di media sosial instagram @bsdupdate, terlihat sebuah pesawat latih berwarna putih itu hancur lebur setelah terjatuh.

Nampak pesawat itu terjatuh di atas sebuah taman yang ada di kawasan BSD itu. Belum diketahui penyebab pesawat latih tersebut hingga terjatuh.

“Siang hari ini, Minggu 19 Mei 2024, ada pesawat jatuh di lapangan Sunburst BSD dekat McD. Gunakan jalur alternatif ya untuk menghindari kemacetan,” tulis akun instagram @bsdupdate.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: