SYL Titip Biduan Nayunda Nabila Sebagai Honorer Kementan, Digaji Rp 4,3 Juta

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 21 Mei 2024 | 10:14 WIB
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Oke Atmaja)
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Eks Sekretaris Badan Karantina Kementan Wisnu Haryana mengungkap soal penyanyi dangdut Nayunda Nabila Nizrinah yang dititipkan mantan Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi, Wisnu mengatakan Nayunda dititpkan SYL sebagai pegawai honorer di Kementan dengan gaji Rp 4,3 juta per bulan.

"Honornya per bulan itu Rp 4,3 juta," ujar Wisnu di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, gaji Nayunda dibayarkan Badan Karantina Kementan namun menjadi asisten anak SYL yang juga seorang anggota DPR, Indira Chunda Thita.

"Atas nama Nayunda. Si Nayunda ini akan menjadi asistennya Ibu Thita begitu, sehingga honornya dititipkan di Karantina," ujar Wisnu

Wisnu sendiri mengaku tak mengetahui status Nayunda sebagai pegawai honorer di Kementan. 

Namun, belakangan ia tahu bahwa Nayunda bertugas di bagian umum sebagai protokoler.

"Pernah masuk, dua kali kalau enggak salah. Tugas-tugasnya ada di Bagian Umum, di protokoler juga ya,” tuturnya.

Ia mengatakan Kementan hanya membayar honor Nayunda selama dua tahun, kemudian diberhentikan karena tidak pernah ke kantor.

Usai mencoret nama Nayunda, Wisnu mengaku sempat ditegur eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono lantaran biduan tersebut akan menjadi asisten Thita.

"Nayunda ini hanya sekitar satu tahun menerima honor karena memang tidak pernah ke kantor dia, terus setahun berikutnya sudah kita hentikan pak," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: