DPRD Ungkap 36 Bangkai Bus Transjakarta Hilang, Kerugian Diprediksi Rp 50 Miliar

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 21 Mei 2024 | 17:15 WIB
Ilustrasi bangkai bus Transjakarta yang hilang di Terminal Pulo Gebang. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ilustrasi bangkai bus Transjakarta yang hilang di Terminal Pulo Gebang. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - DPRD DKI Jakarta mengungkapkan terdapat 36 unit bangkai bus Transjakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari menyatakan 36 bus ini merupakan bagian dari 417 bangkai bus yang akan dihapus dari daftar aset Pemprov DKI Jakarta dengan cara dilelang.

“Status hilangnya pada 2021. Setahu saya di komisi C tidak pernah ada laporan 36 unit bus ini hilang. Siapa yang bertanggung jawab dengan peristiwa itu? Apakah itu hilang atau dihilangkan?" kata Mili dalam keterangan resminya, Selasa (21/5/2024).

Mili menyayangkan hal tersebut. Sebab, terdapat sekitar 25 petugas dinas perhubungan yang berada di terminal setiap hari.

“Apakah dengan banyaknya petugas dishub yang bertugas di terminal ini tidak bisa mengawasi? Karena yang hilang ini adalah aset negara yang nilainya lebih dari Rp 50 miliar,” ujar Mili.

Dengan hilangnya aset Pemprov DKI ini, Mili menilai hal tersebut mencoreng nama baik Terminal Pulo Gebang. Mengingat, Terminal Pulo Gebang merupakan terminal percontohan Nusantara. 

Namun, kini sistem keamanannya dipertanyakan seusai mencuatnya kabar puluhan bangkai tersebut hilang.

Lantas, Eneng meminta dishub segera mengklarifikasi dan bertanggung jawab atas persoalan yang terjadi sejak tiga tahun lalu itu.

“Terminal ini merupakan salah satu terminal yang paling bagus, tapi sayangnya terminal ini tidak aman. Jadi, saya masih belum bisa membayangkan bagaimana 36 bus single transjakarta itu bisa hilang dari terminal ini,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: