Hadapi Khofifah di Pilkada Jatim, PPP Buka Peluang Koalisi dengan PKB

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 23 Mei 2024 | 12:36 WIB
Plt Ketum PPP Mardiono. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Plt Ketum PPP Mardiono. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menuturkan, peluang koalisi dengan PKB masih terbuka, untuk menghadapi calon gubernur petahana Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur. Mardiono menegaskan, belum ada keputusan resmi PPP akan mengusung Khofifah.

"Masih terbuka luas. Bukan hanya dengan PKB tapi dengan yang lain lainnya," kata Mardiono kepada wartawan, dikutip Kamis (23/5/2024).

PPP Jawa Timur sebelumnya menyatakan mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur. Mardiono mengklarifikasi bahwa hal itu baru sebatas usulan dari PPP Jawa Timur. Belum menjadi keputusan resmi partai.

"Jadi belum. Belum. Sekali lagi belum memberikan keputusan untuk dukung, itu baru sampai batas usulan," katanya.

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) siap menjadi penantang pasangan calon gubernur petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilgub Jawa Timur 2024. PKB memastikan akan berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Temen-temen PKS bersepakat untuk bangun koalisi, namun komunikasi dengan PKB, kita lihat mungkin seminggu dua minggu ini," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

PKB menyiapkan dua tokoh untuk menghadapi Khofifah. Pertama adalah KH Marzuki Mustamar. Sosok kedua adalah tokoh perempuan yang masih dirahasiakan.

"Untuk calon kita ada Kiai Marzuki Mustamar, termasuk kalau perempuan kita juga sedang siapkan," kata Huda.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: