BNPB: Banjir di Merauke Surut, Status Tanggap Darurat

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 24 Mei 2024 | 13:30 WIB
Banjir di Merauke (Foto/BNPB)
Banjir di Merauke (Foto/BNPB)

BeritaNasional.com - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan banjir di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan sudah surut.

Menurut Muhari, pihak pemerintah kabupaten/kota sudah menerbitkan status tanggap darurat meski kondisi banjir di wilayah tersebut sudah lebih baik.

“Kondisi terkini banjir dilaporkan sudah surut, adapun status tanggap darurat diterbitkan Bupati Merauke,” ujar Muhari dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (24/5/2024).

Ia mengatakan, status tersebut diterbitkan di empat Desa terdampak, yakni Desa Sumber Mulya, Desa Telaga Sari, Desa Sumber Rejeki, dan Desa Wapeko.

“Berlaku sejak 13-25 Mei 2024. BNPB menimbau pemerintah daerah dan masyarakat agar tetap selalu waspada terhadap banjir susulan, hingga status tanggap darurat berakhir,” tuturnya.

Muhari menegaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memberi bantuan dalam kejadian tersebut.

“BPBD Kabupaten Merauke bersama TNI, Polri dan semua unsur sudah melakukan penanganan, pendataan, pengamanan dan pemberian bantuan logistik untuk warga terdampak,” kata dia.

Sebelumnya, Muhari mengatakan 851 keluarga dan 2.762 warga terdampak dalam banjir karena hujan deras terjadi sejak Selasa pukul 16.00 WIT.

Selain rumah, ia mengatakan 485 hektar lahan pertanian turut terdampak dalam bencana yang diakibatkan intensitas hujan tinggi tersebut.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: