Kader Minta Megawati Lanjutkan Kepemimpinan PDIP Periode 2025-2030

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 26 Mei 2024 | 14:43 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Megawati Soekarnoputri diminta kembali memimpin PDI Perjuangan sebagai ketua umum periode 2025-2030. Hal itu menjadi poin ke-17 rekomendasi eksternal Rakernas V PDI Perjuangan.

Rekomendasi itu dibacakan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam penutupan Rakernas V di Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Setelah mendengar pandangan umum seluruh DPD PDIP di Indonesia, Rakernas memohon kesediaan kepada Megawati untuk ditetapkan kembali sebagai ketua umum pada Kongres VI yang akan digelar pada tahun 2025.

"Rakernas V Partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia memohon kesediaan Prof. DR Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Periode 2025-2030 pada Kongres VI tahun 2025," ujar Puan.

Sebelumnya, Megawati sempat menyampaikan kode tak ingin melanjutkan jabatan sebagai ketua umum PDIP. Bahwa Megawati menggoda putrinya, Puan Maharani untuk menjadi ketua umum.

"Jadi saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang, 'gantian lah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum'," kata presiden kelima RI ini saat pembukaan Rakernas V PDIP, Jumat (24/5/2024).

Megawati mengaku tidak lagi ingin melanjutkan sebagai ketua umum PDIP pada periode berikutnya. Tetapi kadernya selalu meminta untuk terus melanjutkan kepemimpinan di partai berlambang banteng.

"Lho enak-enak saja, masa saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang ganjing enggak jelas. Hehe," katanya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: