Jokowi Sebut Kemungkinan UKT Naik Tahun Depan

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 27 Mei 2024 | 21:49 WIB
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) di setiap universitas belum akan naik dalam waktu dekat ini. Hal itu dikatakan Jokowi usai memanggil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

“Saya memberikan pertimbangan-pertimbangan bahwa UKT, sementara kenaikan sangat tinggi itu dibatalkan dan akan diatur untuk bisa diringankan,” ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Namun, Kepala Negara menyebut ada kemungkinan UKT akan naik pada tahun depan. Sekarang ini masih dilakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai kenaikan UKT di setiap universitas tersebut.

“Kemungkinan akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi. Sehingga kemungkinan ini masih kemungkinan, kebijakan di Mendikbud, akan mulai dinaikan tahun depan jadi ada jeda enggak langsung,” jelas Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memutuskan untuk membatalkan kenaikan uang kuliah tunggal (UKT).

Hal tersebut diputuskan pendiri Gojek itu untuk menindaklanjuti masukan dan keluhan dari masyarakat terkait implementasi UKT tahun ajaran 2024/2025.

Nadiem juga telah bertemu dengan Presiden Jokowi untuk membahas pembatalan kenaikan UKT. Kemendikbudristek juga bakal mengevaluasi peraturan menteri yang membahas soal kenaikan itu.

‘’Saya baru bertemu Bapak Presiden dan beliau menyetujui pembatalan kenaikan UKT. Dalam waktu dekat Kemendikbudristek akan mengevaluasi ajuan UKT dari seluruh PTN," ungkap Nadiem di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: