Mensos Ajak Masyarakat Lebih Peduli dan Sayangi Lansia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 29 Mei 2024 | 17:00 WIB
Lansia harus dipedulikan keluarga (Foto/Pixabay)
Lansia harus dipedulikan keluarga (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepedulian dan rasa sayang terhadap masyarakat lanjut usia (lansia). Hal ini wajib dilakukan karena untuk menghadapi bonus demografi Indonesia pada 2030, di mana pada tahun tersebut tidak hanya masyarakat produktif yang jumlahnya bertambah, namun juga masyarakat lansia.

"Di saat itu pula, karena usia di Indonesia semakin panjang, semakin banyak para lansia yang akan ada di Indonesia," kata dia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Aceh Utara, Rabu (29/5/2024).
 
Ia mengatakan, optimalisasi peran lansia di Indonesia dapat dilakukan jika anggota keluarga berperan dalam merawat dan menyayangi lansia di keluarga masing-masing.

Ia menjelaskan, kurangnya peran serta keluarga dalam merawat lansia menyebabkan banyak lansia harus menjalani hidup di panti-panti sosial, bukan bersama keluarga.
 
"Permasalahannya adalah kami memang siap menerima, namun yang terjadi adalah mereka (keluarga) tidak pernah kemudian menjenguk atau mendatangi mereka (para lansia)," ujarnya.
 
Untuk mencegah hal tersebut, Risma menyebutkan, kepedulian terhadap lansia harus dibiasakan sejak dini, supaya nilai-nilai kepedulian terhadap lansia bisa bertahan hingga dewasa, dan ditularkan kepada anak dan cucu kelak.

"Mari kita bersama-sama untuk lebih memperhatikan lansia, kenapa? karena tanpa mereka kita bukan apa-apa. Tanpa orangtua kita, tanpa guru-guru kita, dan tanpa kemudian orang-orang tua yang lain yang dulu membina kita, kita itu bukan siapa-siapa," ujarnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: