Italia Tak Izinkan Ukraina Gunakan Senjata darinya untuk Serang Rusia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Sabtu, 01 Juni 2024 | 21:00 WIB
Ilustrasi Perang Ukraina (Foto/Freepik)
Ilustrasi Perang Ukraina (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Konstitusi Italia tidak mengizinkan Roma mengirim tentaranya ke Ukraina, juga tidak mengizinkan Kiev menggunakan senjata yang diterima dari Italia untuk menyerang wilayah Rusia. Hal ini diungkapkan Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani pada Jumat.

“Tidak mungkin bagi Italia untuk mengirim tentara ke Ukraina, juga bagi Ukraina untuk menggunakan senjata kami di Rusia karena menurut konstitusi kami, tidak mungkin untuk melakukannya,” kata Tajani menjelang pertemuan informal para diplomat penting NATO di Praha.

Dia menjelaskan, tidak mungkin menggunakan senjata Italia di Rusia karena negara itu tidak sedang berperang melawan Rusia.

"Kami membela Ukraina, tapi ini tidak sama. Pasal 11 dalam institusi kami, melarang berperang dengan negara lain," tambah Tajani.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa Ukraina memiliki hak untuk menyerang target militer Rusia.

Ia menambahkan, beberapa sekutu NATO telah mencabut larangan menyerang, dan menambahkan bahwa waktunya telah tiba untuk mempertimbangkan juga mencabut pembatasan lainnya.

Sebelumnya pada 3 Mei, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan bahwa Kiev memiliki hak untuk menggunakan senjata yang dipasok Inggris untuk menyerang wilayah Rusia.

Dikuti dari Antara, Moskow memperingatkan bahwa mereka dapat menargetkan setiap fasilitas dan peralatan militer Inggris di wilayah Ukraina dan sekitarnya jika Ukraina menyerang Rusia dengan senjata yang dipasok Inggris.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: