Fakta-fakta Menarik Real Madrid Usai Raih Gelar Liga Champions 2023/2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Minggu, 02 Juni 2024 | 09:42 WIB
Partai final Liga Champions Real Madrid vs Dortmund. (Foto/Eufachampionsleague).
Partai final Liga Champions Real Madrid vs Dortmund. (Foto/Eufachampionsleague).

BeritaNasional.com - Real Madrid berhasil keluar menjadi juara Liga Champions 2023-2024 usai mengalahkan Borussia Dortmund di partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris (2/6/2024) dini hari WIB.

Gol kemenangan Real Madrid ke gawang Dortmund dalam laga ini dicetak oleh Dani Carvajal pada menit ke-74 dan Vinicius Junior (83').  

Bisa dikatakan keberhasilan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim ini menjadikan klub asal Spanyol itu memantapkan diri dengan ‘DNA Liga Champions’.

Pasalnya, Real Madrid kini sudah mengoleksi 15 trofi Liga Champions. Sejumlah fakta akan coba diungkap oleh Beritanasional.com terkait Real Madrid.

1. Madrid telah memenangkan Piala Eropa untuk ke-15 kalinya.

2. Los Blancos telah berhasil dalam sembilan penampilan mereka di final di era Liga Champions.

3. Tim Spanyol itu tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan Liga Champions musim ini (M9 S4). Ini adalah pertama kalinya mereka memenangkan final Piala Eropa/Liga Champions tanpa kalah dalam satu pertandingan pun selama musim berlangsung.

4. Madrid hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 18 final Piala Eropa/Liga Champions terakhir mereka. Itu terjadi saat mereka kalah 1-0 melawan Liverpool pada tahun 1981.

5. Madrid tidak kebobolan lebih dari satu gol dalam 11 final Piala Eropa/Liga Champions terakhir mereka. Terakhir kali terjadi saat mereka kalah 3-1 melawan Inter pada tahun 1964.

6. Dani Carvajal mencetak gol untuk kedua kalinya di Liga Champions (dari babak penyisihan grup hingga final). Satu-satunya golnya dalam 88 penampilan sebelumnya terjadi pada bulan November 2015 melawan Shakhtar Donetsk

7. Vinícius Júnior menjadi pemain Brasil pertama yang mencetak gol dalam dua final Piala Eropa/Liga Champions yang berbeda.

8. Luka Modrić dan Dani Carvajal telah menyamai rekor Paco Gento dengan bermain di tim pemenang dalam enam final Piala Eropa/Liga Champions.

9. Carlo Ancelotti telah memperpanjang rekor kemenangannya di Liga Champions sebagai pelatih menjadi lima – dua lebih banyak daripada pelatih lainnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: